5 Cara Mendukung Teman Yang Baru Memulai Bisnis

Kesamaan ide, selera dan pikiran sering kali menjadi motivasi utama mereka yang memilih berwirausaha bersama sahabat sendiri. Bagaimanapun, membangun usaha dengan sahabat ternyata tidak semudah yang dipikirkan, lho. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukannya.

Bisnis dengan teman

Nasib usaha kecil, kalau mau dibilang kondisi usahanya ‘hidup segan mati tak mau’. PEREKONOMIAN yang sedang anjlok mengharuskan semua orang untuk berusaha lebih keras agar mampu bertahan hidup di dunia yang serba mahal ini. Soalnya, penghasilannya sebagai aktris dan model tidak pasti atau tak menentu. “Jadi, saya harus ada penghasilan dari usaha lain,” ujar dia. Itu berarti, setelah dua tahun berjalan, toko kue milik Jessica dengan bendera Solo Pluffy bertambah jadi tiga gerai. Pada 2017 lalu, ia berkongsi dengan rekan sesama artis, Ricky Harun, untuk merintis usaha kue kekinian sekaligus oleh-oleh khas Solo itu di kota Solo.

Meskipun pada akhirnya bisnis mengalami kebangkrutan, Anda dapat tetap berhubungan baik dengan teman tersebut. Saya sangat mendukung Anda untuk mulai menjalankan bisnis bareng teman. Kalau kita ngomongin risiko, berbisnis bareng orang yang tidak dikenal jauh lebih berbahaya.

Kemudian ayah saya jatuh sakit dan saya menjadi tersadarkan karena tidak bisa membiayai pengobatan. Setelah sudah punya cukup uang, saya membeli sebuah franchise mini market. Namun di saat sudah tidak ada teman yang membeli, Judi Online penjualan menjadi stagnan. Beberapa teman yang sudah punya usaha kemudian memberi saran agar mencari lokasi yang strategis untuk berjualan. Memasuki tahun 2013 akhir, sedang booming minuman cappuccino cincau.

Usahakan juga untuk menyamakan misi dan visi yang akan dilakukan agar tidak ada sengketa dikemudian hari. Yuk bergabung dengan Bisnismuda.id untuk sharing dan belajar investasi, pengelolaan keuangan, dan wirausaha. Bagaimana jika Anda harus berdebat demi kebaikan usaha dengan teman sendiri? Lebih baik Anda bermain aman dengan menerapkan prinsip efisiensi. Semua strategi bisnis perlu dijalankan dengan mengoptimalkan modal yang ada untuk mendapatkan cuan atau keuntungan maksimal.